POST

Kamis, 09 Januari 2014

COURSE OUTLINE



MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN PEMBELAJARAN PAI
PROGRAM PASCASARJANA S2 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2013/2014
STI BLAMBANGAN BANYUWANGI

1.      DESKRIPSI MATAKULIAH
Secara khusus, matakuliah ini membahas dan mengkaji secara menyeluruh tentang manajemen pendidikan Islam. Kajian meliputi bagaimana konsep dasar manajemen pendidikan Islam (pengertian, hubungan, fungsi dan substansi), praktek manajerial, manajemen kurikulum dan pembelajaran (pengertian, organisasi, menj.kurikulum berbasis kompetensi, prinsip2), manajemen kelas (konsep dasar, ruang lingkup, tujuan, pendekatan), manajemen tenaga kependidikan (konsep dasar, manajemen guru, guru sebagai manajer, kode etik pendidik),  manajemen kesiswaan (konsep manajemen kesiswaan, prinsip2 manj. Kesiswaan, ruang lingkup), manajemen sarana dan prasarana (pengertian, prinsip2, proses
manj.sarana&prasarana), manajemen keuangan di lembaga pendidikan Islam (pengertian, prinsip pengelolaan, perencanaan&pelaksanaan  anggaran, penyelenggaraan pembukuan, pengawasan anggaran), manajemen hubungan masyarakat (pengertian, fungsi, tujuan, tugas, praktek, teknik dan bentuk), kepemimpinan kepala sekolah Islam (konsep dasar, peran dan tanggungjwb, gaya, karakteristik),  manajemen konflik di lembaga pendidikan Islam (definisi, sumber konflik, tingkatan2 konflik, metode2 pengelolaan) dan bagaimana memotivasi kerja secara efektif (pengertian, perbedaan semangat kerja dgn motivasi kerja, peranan motivasi, motivasi dan efektifitas kerja) .

2.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran bertujuan untuk dapat membantu mahasiswa bisa memahami pengelolaan sekolah atau madrasah secara baik dan efektif secara menyeluruh. Diharapkan matakuliah ini, menjadi jembatan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam bisa berjalan dengan efektif dan efisien menuju tujuan pendidikan Islam yang bermutu dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

3.      STRATEGI PENGAJARAN
Kuliah ini akan menguji, mengkaji, dan memanfaatkan beberapa pendekatan dan metode-metode apapun yang terkait dengan berbagai subdisiplin dalam matakuliah manajemen pendidikan Islam. Dalam proses pembelajarannya, menggunakan pendekatan, metode dan media pembelajaran sebagai beriku:
a.    Pendekatan             : Kelompok, Individu, keaktifan di kelas
b.    Metode                   : Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
c.    Media                     : Transparansi + OHP, LCD

4.      DAFTAR BACAAN
Ahmadi H. Syukran Nafis, 2011, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Khozin, 2006, Manajemen Pemberdayaan Madrasah, Malang: Universitas Muhammadiyah malang.
Nanang Fatah, 2009, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Oemar Malik, 1991, Perencanaan dan Manajemen Pendidikan, Bandung: Mandar Maju.
Raihani, 2011, Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKiS.
Rohiyat, 2010, Manajemen Sekolah, Bandung: Revika Adi Tama
Sulistyono, 2009, Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras.
Udin Syaefudin Sa’ud, 2009, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda karya.

5.      EVALUASI PEMBELAJARAN
Komponen nilai akhir meliputi: nilai UTS+UAS 30%, partisipasi kelas 20%, makalah/presentasi 30% dan kemampuan mempertahankan makalah 20%.

                                                                                                                                                            
Hasyim Ashari//STIB//Course-Outline//Manajemen Pendidikan Islam dan Pembelajaran PAI // 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar