MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM DAN PEMBELAJARAN PAI
PROGRAM
PASCASARJANA S2 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER
GENAP TAHUN AKADEMIK 2013/2014
STI
BLAMBANGAN BANYUWANGI
1.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Secara
khusus, matakuliah ini membahas dan mengkaji secara menyeluruh tentang
manajemen pendidikan Islam. Kajian meliputi bagaimana konsep dasar manajemen
pendidikan Islam (pengertian, hubungan, fungsi dan substansi), praktek
manajerial, manajemen kurikulum dan pembelajaran (pengertian, organisasi,
menj.kurikulum berbasis kompetensi, prinsip2), manajemen kelas (konsep dasar,
ruang lingkup, tujuan, pendekatan), manajemen tenaga kependidikan (konsep
dasar, manajemen guru, guru sebagai manajer, kode etik pendidik), manajemen kesiswaan (konsep manajemen
kesiswaan, prinsip2 manj. Kesiswaan, ruang lingkup), manajemen sarana dan
prasarana (pengertian, prinsip2, proses
manj.sarana&prasarana), manajemen
keuangan di lembaga pendidikan Islam (pengertian, prinsip pengelolaan,
perencanaan&pelaksanaan anggaran,
penyelenggaraan pembukuan, pengawasan anggaran), manajemen hubungan masyarakat
(pengertian, fungsi, tujuan, tugas, praktek, teknik dan bentuk), kepemimpinan
kepala sekolah Islam (konsep dasar, peran dan tanggungjwb, gaya,
karakteristik), manajemen konflik di
lembaga pendidikan Islam (definisi, sumber konflik, tingkatan2 konflik, metode2
pengelolaan) dan bagaimana memotivasi kerja secara efektif (pengertian, perbedaan
semangat kerja dgn motivasi kerja, peranan motivasi, motivasi dan efektifitas
kerja) .
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran
bertujuan untuk dapat membantu mahasiswa bisa memahami pengelolaan sekolah atau
madrasah secara baik dan efektif secara menyeluruh. Diharapkan matakuliah ini,
menjadi jembatan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam bisa berjalan dengan
efektif dan efisien menuju tujuan pendidikan Islam yang bermutu dan dapat
bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.
3.
STRATEGI PENGAJARAN
Kuliah
ini akan menguji, mengkaji, dan memanfaatkan beberapa pendekatan dan
metode-metode apapun yang terkait dengan berbagai subdisiplin dalam matakuliah
manajemen pendidikan Islam. Dalam proses pembelajarannya, menggunakan
pendekatan, metode dan media pembelajaran sebagai beriku:
a.
Pendekatan :
Kelompok, Individu, keaktifan di kelas
b.
Metode :
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
c.
Media :
Transparansi + OHP, LCD
4.
DAFTAR BACAAN
Ahmadi
H. Syukran Nafis, 2011, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: LaksBang
PRESSindo.
Khozin,
2006, Manajemen Pemberdayaan Madrasah, Malang: Universitas Muhammadiyah malang.
Nanang
Fatah, 2009, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Oemar
Malik, 1991, Perencanaan dan Manajemen Pendidikan, Bandung: Mandar Maju.
Raihani,
2011, Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKiS.
Rohiyat,
2010, Manajemen Sekolah, Bandung: Revika Adi Tama
Sulistyono,
2009, Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi dan Aplikasi,
Yogyakarta: Teras.
Udin
Syaefudin Sa’ud, 2009, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda
karya.
5.
EVALUASI PEMBELAJARAN
Komponen
nilai akhir meliputi: nilai UTS+UAS 30%, partisipasi kelas 20%,
makalah/presentasi 30% dan kemampuan mempertahankan makalah 20%.
Hasyim
Ashari//STIB//Course-Outline//Manajemen Pendidikan Islam dan Pembelajaran PAI
// 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar