POST

Jumat, 31 Mei 2013

PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM



COURSE OUTLINE PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM
PROGAM STUDI PASCASARJANA S2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014


      1.      DESKRIPSI MATAKULIAH
Secara khusus, matakuliah ini membahas dan mengkaji secara menyeluruh upaya para tokoh pembaru dalam memperjuangkan nilai-nilai ajaran Islam, baik dalam bidang pendidikan, teologi, sosial maupun politik. Difokuskan pada sejarah pemikiran Islam diberbagai negara, misalnya Mesir Rasyid Ridha, Jamaluddin Al-Afghani, Hasan Hanafi), Saudi Arabia (Muhammad bin Abdul Wahab/Wahabi), India (Sayyid Ahmad Khan, Fazlurrahman,Muhammad Ali Jinnah), bahkan sampai Indonesia (Mohammad Natsir, Munawir Sjadzali, Nurcholis Madjid, Abdurrahman Wahid, dll).


2.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran bertujuan sebagai bahan pengetahuan mahasiswa, agar mengetahui secara mendasar tentang perkembangan dan dinamika pemikiran dalam dunia Islam. Matakuliah ini sangat penting bagi mahasiswa, paling tidak mahsiswa bisa memahami bahwa gerakan yang dilakukan oleh para tokoh dan para intelektual muslim memiliki latar belakang yang berbeda, namun intinya sama, yaitu “pembebasan”. Di samping itu mahasiswa diharapkan memahami pemikiran Islam secara metodologis ((1). Untuk membangun kesadaran berfikir positif, (2) untuk membangun kesadaran berfikir dan bertindak secara efektif dan efisien, (3) untuk membangun kesadaran berfikir dan bertindak secara aktif, kreatif dan produktif, (4) untuk membangun kesadaran berfikir dan bertindak strategis, (5) untuk membangun kesadaran berfikir dan bertindak pengembangan, (6) membangun kemandirian baik dalam merumuskan metode maupun konstruksi2 teori keilmuan, (7) untuk mempercepat kemajuan umat Islam dan peradabannya).

3.      STRATEGI PENGAJARAN
Kuliah ini akan menguji, mengkaji, dan memanfaatkan beberapa pendekatan dan metode-metode apapun yang terkait dengan berbagai subdisiplin dalam matakuliah pemikiran modern dalam Islam. Dalam proses pembelajarannya, menggunakan pendekatan, metode dan media pembelajaran sebagai beriku:
a.    Pendekatan             : Kelompok, Individu, keaktifan di kelas
b.    Metode                   : Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
c.    Media                     : Transparansi + OHP, LCD

4.      DAFTAR BACAAN
Abdul Hamid, Pemikiran Modern dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia
Mujamil Qomar, 2012, Pemikiran Islam Metodologis; Model Pemikiran Alternatif dalam Memajukan Peradaban Islam, Yogyakarta: Teras.
Mukti Ali, Beberapa Persoalan agama dewasa ini, Jakarta: Rajawali Press, 1985
Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution, cet. V, Jakarta:Mizan, 1998
Fazlur Rakhman, 1976, Islam and Modernity: Transformation of an Intelectual Tradition, ed. Donald P. Little, Leiden: EJ. Brill, 1976

5.      EVALUASI PEMBELAJARAN
Komponen nilai akhir meliputi: nilai UTS+UAS 30%, partisipasi kelas 20%, makalah/presentasi 30% dan kemampuan mempertahankan makalah 20%.




                                                                                                                                                            
Hasyim Ashari // Ibrahimy // Course-Outline // Pemikiran Modern dalam Islam // 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar