COURSE
OUTLINE PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM
PROGAM
STUDI PASCASARJANA S2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER
GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014
1.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Secara
khusus, matakuliah ini membahas dan mengkaji secara menyeluruh upaya para tokoh
pembaru dalam memperjuangkan nilai-nilai ajaran Islam, baik dalam bidang
pendidikan, teologi, sosial maupun politik. Difokuskan pada sejarah pemikiran
Islam diberbagai negara, misalnya Mesir Rasyid Ridha, Jamaluddin Al-Afghani,
Hasan Hanafi), Saudi Arabia (Muhammad bin Abdul Wahab/Wahabi), India (Sayyid
Ahmad Khan, Fazlurrahman,Muhammad Ali Jinnah), bahkan sampai Indonesia
(Mohammad Natsir, Munawir Sjadzali, Nurcholis Madjid, Abdurrahman Wahid, dll).
2.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran
bertujuan sebagai bahan pengetahuan mahasiswa, agar mengetahui secara mendasar
tentang perkembangan dan dinamika pemikiran dalam dunia Islam. Matakuliah ini
sangat penting bagi mahasiswa, paling tidak mahsiswa bisa memahami bahwa
gerakan yang dilakukan oleh para tokoh dan para intelektual muslim memiliki
latar belakang yang berbeda, namun intinya sama, yaitu “pembebasan”. Di samping
itu mahasiswa diharapkan memahami pemikiran Islam secara metodologis ((1).
Untuk membangun kesadaran berfikir positif, (2) untuk membangun kesadaran berfikir
dan bertindak secara efektif dan efisien, (3) untuk membangun kesadaran
berfikir dan bertindak secara aktif, kreatif dan produktif, (4) untuk membangun
kesadaran berfikir dan bertindak strategis, (5) untuk membangun kesadaran
berfikir dan bertindak pengembangan, (6) membangun kemandirian baik dalam
merumuskan metode maupun konstruksi2 teori keilmuan, (7) untuk mempercepat
kemajuan umat Islam dan peradabannya).
3.
STRATEGI PENGAJARAN
Kuliah
ini akan menguji, mengkaji, dan memanfaatkan beberapa pendekatan dan
metode-metode apapun yang terkait dengan berbagai subdisiplin dalam matakuliah
pemikiran modern dalam Islam. Dalam proses pembelajarannya, menggunakan pendekatan,
metode dan media pembelajaran sebagai beriku:
a.
Pendekatan :
Kelompok, Individu, keaktifan di kelas
b.
Metode :
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
c.
Media :
Transparansi + OHP, LCD
4.
DAFTAR BACAAN
Abdul
Hamid, Pemikiran Modern dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia
Mujamil Qomar,
2012, Pemikiran Islam Metodologis; Model Pemikiran Alternatif dalam
Memajukan Peradaban Islam, Yogyakarta: Teras.
Mukti Ali, Beberapa Persoalan agama
dewasa ini, Jakarta: Rajawali Press, 1985
Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution,
cet. V, Jakarta:Mizan, 1998
Fazlur Rakhman, 1976, Islam and Modernity: Transformation of an
Intelectual Tradition, ed. Donald P. Little, Leiden: EJ. Brill, 1976
5.
EVALUASI PEMBELAJARAN
Komponen
nilai akhir meliputi: nilai UTS+UAS 30%, partisipasi kelas 20%,
makalah/presentasi 30% dan kemampuan mempertahankan makalah 20%.
Hasyim Ashari
// Ibrahimy // Course-Outline // Pemikiran Modern dalam Islam // 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar